SEJARAH DESA

  06 April 2017  |  DESA SUKOMAJU

          Sejarah Desa Sukomaju tidak terlepas dari Desa Sukonatar. Pada tanggal 05 Mei 1998 di Balai Desa Sukonatar diadakan Musyawarah Desa yang dihadiri oleh Pengurus LPMD, LKMD, Perangkat Desa, RT/RW, Tim Penggerak PKK, Para Tokoh Masyarakat dan juga Camat Srono (Drs. Kasim) membahas tentang pemecahan Desa Sukonatar.

          Dalam rapat tersebut Camat Srono mempertanyakan mengapa Desa Sukonatar harus dipecah? Alasannya karena jumlah penduduknya, luas wilayahnya dan guna memudahkan pelayanan masyarakat. Setelah mengadakan Musdes beberapa kali dan minta pendapat dan masukan dari peserta Musdes maka disetujuilah usulan Pemecahan Desa Sukonatar, yaitu :

           1. Desa Induk                  (Tetap Desa Sukonatar)

           2. Desa Pecahan             (Desa Persiapan Sukomaju)

          Nama Sukomaju mempunyai arti, " Suko " dalam bahasa jawa yang berarti " Senang " dan " Maju " yang berarti " Melangkah Ke Depan". Jadi Sukomaju secara lengkap mempunyai arti yaitu Senang Maju. Rencana pemecahan tersebut dilaksanakan dengan mengajukan usulan pemecahan Desa Sukonatar melalui Pemerintah yang berwenang.

          Demikian asal usul (sejarah) Desa Sukomaju berdasarkan dari masukan dan pendapat yang tumbuh dan berkembang dari tokoh-tokoh masyarakat secara luas dan juga kalangan pemuda.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl. Prajurit Sakur No. 246 Desa Sukomaju
  Email : desasukomaju@gmail.com
  Telp. : 082330511540
  Instagram :
  Facebook : sukomaju
  Twitter : @Desasukomaju


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi